Sebelum mempelajari modul 1.1 yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas yaitu:
-
Murid sebagai objek pembelajaran bukan subjek
pembelajaran
- Semua murid harus menguasai semua bidang ilmu
yang diajarkan tanpa memperhatikan potensi dan bakat yang dimiliki
masing-masing.
-
Jika murid melakukan kesalahan atau tidak
mengerjakan tugas akan mendapat hukuman
-
Pembelajaran berpusat kepada guru, sehingga
kebanyakan murid pasif di kelas
Setelah mempelajari
tentang pemikiran KHD yang ada pada modul 1.1, saya merubah pandangan dan
pemikiran tentang pendidikan. Bahwa pendidikan itu menurut KHD adalah memberi tuntunan terhadap segala
kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan
kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai
anggota masyarakat. Dengan
demikian pemikiran saya tentang murid dan pembelajaran antara lain:
- Setiap anak unik, dengan potensi, bakat dan
karakter masing-masing.
- Tugas guru adalah menuntun anak sesuai dengan
kodrat alat dan kodrat zaman agar mereka dapat berkembang secara optimal serta
memberi teladan yang baik terhadap murid.
- Pembelajaran di kelas harus dirancang menyenangkan dan mengoptimalkan potensi dan bakat mereka
masing-masing
- Murid sebagai subjek pembelajaran sehingga
mereka dapat berperan aktif di kelas, sedangkan guru hanya sebagai sebagai
pembimbing atau fasilitator yang mengarahkan mereka memperoleh pengetahuan dan
pengalaman yang bermakna.
- Perlu dibuat kesepakatan antara guru dan murid
terkait terkait aturan atau sanksi. Sanksi hanya diberikan untuk membuat mereka
sadar atas apa yang telah mereka buat.
Penerapan yang dapat
dilakukan di kelas agar pembelajaran mencerminkan pemikiran KHD, yaitu :
-
Mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan bepusat
kepada murid.
-
Pembelajaran yang dapat mengoptimalkan potensi
dan bakat mereka masing-masing.
-
Memberikan teladan untuk pertumbuhan karakter
baik anak.
-
Membuat kesepakatan antara guru dan murid
terkait terkait aturan atau sanksi di kelas.
-
Membimbing dan mengarahkan anak sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila.
0 Komentar