Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa itu Model Pembelajaran Flipped Classroom?


         Pada dasarnya konsep model flipped classroom yakni aktivitas pembelajaran yang biasanya diselesaikan dikelas sekarang dapat diselesaikan di rumah, dan aktivitas pembelajaran yang biasanya dikerjakan di rumah sekarang dapat diselesaikan di kelas. Guru sebagai fasilitator mengemas materi pembelajaran dalam bentuk digital berupa video untuk dipelajari siswa di rumah sehingga siswa sudah lebih siap belajar ketika di kelas. Jadi, model pembelajaran flipped classroom adalah pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran di dalam kelas dengan pembelajaran di luar kelas dengan tujuan untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran.

Menurut Abeysekera dan Dawson  dalam www.kajianpustaka.com,   karakteristik model pembelajaran flipped classroom yang membedakannya dengan model pembelajaran biasa adalah:

  1. Perubahan penggunaan waktu kelas. 
  2. Perubahan penggunaan waktu di luar kelas. 
  3. Melakukan kegiatan yang secara tradisional dianggap pekerjaan rumah di kelas.
  4. Melakukan kegiatan yang secara tradisional dianggap di dalam kelas, di luar kelas.
  5. Kegiatan di dalam kelas menekankan pembelajaran aktif, peer learning dan pemecahan masalah.
  6. Aktivitas pra dan pasca kelas.
  7. Penggunaan teknologi, terutama video.

Menurut Adhitiya dkk dalam www.kajianpustaka.com,  langkah-langkah model pembelajaran dengan metode flipped classroom adalah sebagai berikut:

a. Persiapan 

  1. Sebelum tatap muka guru memberikan materi dalam bentuk video pembelajaran.
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 
  3. Guru menyampaikan secara garis besar materi yang akan dipelajari.
  4. Memberi tugas siswa untuk membuat rangkuman dari video.

b. Kegiatan di kelas 

  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa. 
  2. Membahas video yang telah ditonton siswa dengan diskusi dan tanya jawab.
  3. Melalui tanya jawab dengan siswa guru menguatkan konsep.
  4. Guru memberikan latihan pemecahan masalah melalui LKS. 
  5. Siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk menyelesaikan masalah.
  6. Peran guru saat diskusi adalah memfasilitasi siswa agar mampu menuliskan ide atau gagasannya terkait masalah yang diberikan. 
  7. Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan yang lain menanggapinya.
  8. Guru memberikan tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
  9. Memberikan video pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Flipped Classroom 

Menurut Adhitiya dkk dalam www.kajianpustaka.com,  model pembelajaran flipped classroom memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

a. Kelebihan flipped classroom 

  1. Siswa dapat mengulang-ulang video tersebut sehingga ia benar-benar memahami materi. 
  2. Siswa dapat mengakses video tersebut dari manapun asalkan memiliki sarana yang cukup bahkan bisa disalin melalui flashdisk dan didownload.
  3. Efisien, karena siswa diminta untuk mempelajari materi di rumah dan pada saat di kelas, siswa dapat lebih memfokuskan kepada kesulitannya dalam memahami materi ataupun kemampuannya dalam menyelesaikan soal-soal berhubungan dengan materi tersebut. 
  4. Siswa dituntut untuk belajar secara mandiri dengan memanfaatkan video pembelajaran yang diberikan sehingga mendukung semangat belajar.

b. Kekurangan flipped classroom 

  1. Untuk menonton video, setidaknya diperlukan sarana yang memadai, baik komputer, laptop maupun handphone. Hal ini akan menyulitkan siswa yang tidak memiliki sarana tersebut.
  2. Diperlukan koneksi internet yang lumayan bagus untuk mengakses video. Terutama apabila filenya berukuran besar, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuka atau mengunduhnya. Ada cukup banyak siswa yang gaptek sehingga mereka memerlukan waktu yang lebih untuk mengakses video tersebut. 
  3. Siswa mungkin perlu banyak penopang untuk memastikan mereka memahami materi yang disampaikan dalam video dan siswa tidak mampu mengajukan pertanyaan ke instruktur atau rekan-rekan mereka jika menonton video saja

Sumber Rujukan.
https://www.kajianpustaka.com/2020/03/model-pembelajaran-flipped-classroom.html 

Posting Komentar

0 Komentar