Pada dasarnya konsep model flipped classroom yakni
aktivitas pembelajaran yang biasanya diselesaikan dikelas sekarang dapat
diselesaikan di rumah, dan aktivitas pembelajaran yang biasanya dikerjakan di
rumah sekarang dapat diselesaikan di kelas. Guru sebagai fasilitator mengemas
materi pembelajaran dalam bentuk digital berupa video untuk dipelajari siswa di
rumah sehingga siswa sudah lebih siap belajar ketika di kelas. Jadi, model
pembelajaran flipped classroom adalah pembelajaran yang mengkombinasikan antara
pembelajaran di dalam kelas dengan pembelajaran di luar kelas dengan tujuan
untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran.
Menurut Abeysekera dan Dawson  dalam www.kajianpustaka.com,
  karakteristik
model pembelajaran flipped classroom yang membedakannya dengan model pembelajaran
biasa adalah:
- Perubahan
     penggunaan waktu kelas. 
 - Perubahan
     penggunaan waktu di luar kelas. 
 - Melakukan
     kegiatan yang secara tradisional dianggap pekerjaan rumah di kelas.
 - Melakukan
     kegiatan yang secara tradisional dianggap di dalam kelas, di luar kelas.
 - Kegiatan
     di dalam kelas menekankan pembelajaran aktif, peer learning dan pemecahan
     masalah.
 - Aktivitas
     pra dan pasca kelas.
 - Penggunaan
     teknologi, terutama video.
 
Menurut Adhitiya dkk dalam www.kajianpustaka.com,  langkah-langkah model pembelajaran dengan
metode flipped classroom adalah sebagai berikut:
a. Persiapan 
- Sebelum
     tatap muka guru memberikan materi dalam bentuk video pembelajaran.
 - Guru
     menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 
 - Guru
     menyampaikan secara garis besar materi yang akan dipelajari.
 - Memberi
     tugas siswa untuk membuat rangkuman dari video.
 
b. Kegiatan di kelas 
- Guru
     membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
     siswa. 
 - Membahas
     video yang telah ditonton siswa dengan diskusi dan tanya jawab.
 - Melalui
     tanya jawab dengan siswa guru menguatkan konsep.
 - Guru
     memberikan latihan pemecahan masalah melalui LKS. 
 - Siswa
     berdiskusi dengan kelompoknya untuk menyelesaikan masalah.
 - Peran
     guru saat diskusi adalah memfasilitasi siswa agar mampu menuliskan ide
     atau gagasannya terkait masalah yang diberikan. 
 - Salah
     satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan yang lain menanggapinya.
 - Guru
     memberikan tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
 - Memberikan
     video pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
 
Kelebihan dan Kekurangan Flipped Classroom 
Menurut
Adhitiya dkk dalam www.kajianpustaka.com,
 model pembelajaran flipped classroom
memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:
a. Kelebihan flipped classroom 
- Siswa
     dapat mengulang-ulang video tersebut sehingga ia benar-benar memahami
     materi. 
 - Siswa
     dapat mengakses video tersebut dari manapun asalkan memiliki sarana yang
     cukup bahkan bisa disalin melalui flashdisk dan didownload.
 - Efisien,
     karena siswa diminta untuk mempelajari materi di rumah dan pada saat di
     kelas, siswa dapat lebih memfokuskan kepada kesulitannya dalam memahami
     materi ataupun kemampuannya dalam menyelesaikan soal-soal berhubungan
     dengan materi tersebut. 
 - Siswa
     dituntut untuk belajar secara mandiri dengan memanfaatkan video
     pembelajaran yang diberikan sehingga mendukung semangat belajar.
 
b. Kekurangan flipped classroom 
- Untuk
     menonton video, setidaknya diperlukan sarana yang memadai, baik komputer,
     laptop maupun handphone. Hal ini akan menyulitkan siswa yang tidak
     memiliki sarana tersebut.
 - Diperlukan
     koneksi internet yang lumayan bagus untuk mengakses video. Terutama
     apabila filenya berukuran besar, maka akan membutuhkan waktu yang cukup
     lama untuk membuka atau mengunduhnya. Ada cukup banyak siswa yang gaptek
     sehingga mereka memerlukan waktu yang lebih untuk mengakses video
     tersebut. 
 - Siswa
     mungkin perlu banyak penopang untuk memastikan mereka memahami materi yang
     disampaikan dalam video dan siswa tidak mampu mengajukan pertanyaan ke
     instruktur atau rekan-rekan mereka jika menonton video saja
 
Sumber Rujukan.
https://www.kajianpustaka.com/2020/03/model-pembelajaran-flipped-classroom.html 

0 Komentar